Program Studi Pendidikan Biologi
Program studii (Prodi) Pendidikan Biologi
berdiri berdasarkan SK pendirian
PS No.44 t DIKTI/ Kept 1984 tertanggal 18 Juli 1984 merupakan lembaga
pendidikan yang mempersiapkan dan mencetak colon guru biologi profesional dan
berkualitas, menguasai bidang biologi dan kependidikan, terampil di bidang
teknologi informasi (TI) serta mampu bersaing di pasar
bebas.Tahun 1984 hingga tahun 1997 penyelenggaraan kuliah dan praktikum Prodi Pendidikan Biologi
diselenggarakan di gedung I FKIP di jalan
Kalimantan III Jember dengan daya tampung rata-rata 50 mahasiswa per angkatan.
Mulai tahun 1998 penyelenggaraan kuliah dipindahkan ke gedung biologi, gedung
III FKIP UNEJ.
Proses rekruitmen mahasiswa prodi
Pendidikan Biologi dilakukan melalui jalur seleksi masuk perguruan
tinggi dan jalur seleksi bakat dan minat.
Sejak tahun 2006 proses rekruitmen disamping kedua jalur tersebut juga
disediakan jenis jalur seleksi Iokal bagi program non reguler.Hingga tahun
2008, prodi Pendidikan Biologi telah meluluskan sejumlah 870 alumni yang
tersebar di seluruh Indonesia, dengan mayoritas profesi utama sebagai pendidik
berbagai jenjang pendidikan baik tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan
tinggi.Berbagai jenis program hibah kompetisi Dikti yang diraih Prodi Pendidikan Biologi yaitu Semi-Que tahun
2003-2005, Hibah Kemitraan 2005,
2006, dan 2007 serta program SP-4 (Jurusan PMIPA). Hibah
kompetisi tersebut telah meningkatkan kualitas akademik secara signifikan di Iingkungan Prodi Pendidikan
Biologi. Peningkatan kualitas prodi meliputi pembenahan kurikulum,
fasilitas pembelajaran berbasis TI,
kemampuan dosen dalam mengembangan perencanaan dan media pembelajaran, peningkatan
ketersediaan referensi yang dimiliki prodi,
pengembangan pembelajaran biologi bilingual (bahasa Inggris - Indonesia),
microteaching biologi berbahasa Inggris, praktek mengajar biologi berbahasa
Inggris di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI), peningkatan penelitian bidang
kependidikan biologi, tersedianya jumal yang dikelola prodi (BIOEDUKASI) yang
diperuntukkan bagi semua kalangan guru, dosen atau para peneliti sebagai sarana
komunikasi ilmiah di bidang biologi dan kependidikannya. Disamping itu prodi
pendidikan biologi juga aktif kerjasama dan memberikan layanan kepada
stakeholder khususnya sekolah dalam penelitian kependidikan dan pengembangan
model-model pembelajaran biologi bilingual di
Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI).
Visi, Misi dan Tujuan Prodi
Ø Visi
Mewujudkan masyarakat
berkualitas berwawasan iingkungan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan
teknologi dan seni serta iman dan taqwa dengan menguasai bidang biologi
bercitrakan kependidikan.
Ø Misi
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang profesional serta penelitian pengabdian masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan
- Membina, meningkatkan dan mengembangkan system menejemen teknologi pembelajaran yang berorientasi pada kualitas dan profesionalisme
- Membina dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain di dalam dan di luar negeri
Tujuan
Mencetak sarjana
pendidikan biologi yang profesional dalam proses pembelajaran, berbudi pekerti
luhur dan mampu memecahkan masalah secara kritis serta rasional seiring dengan
perkembangan IPTEKS
Sasaran
- Menguasai teori dan ketrampilan ilmu pendidikan biologi
- Menguasai unjuk kerja dalam bidang keguruan bagi colon guru biologi
- Memiliki sikap, nilai, kebiasaan dan kecenderungan terhadap kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai tenaga pendidik bidang biologi
Spesifikasi Kompetensi Lulusan Program Studi Pend. Biologi
Kompetensi Utama
Mempunyai pengetahuan dan ketrampilan bidang biologi sehingga dapat
mengikuti dan memahami perkembangan biologi baik secara keilmuan maupun
aplikasinya dalam bentuk teknologi selanjutnya diadaptasikan dalam bentuk pendidikan dan pembelajaran di
sekolah jenjang SMP, SMA dan yang sederajad.
Kompetensi Pendukung
- Terampil dalam merancang. mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran biologi berbasis teknologi informasi
- Berwawasan dan bersikap profesional sesuai bidang tugasnya serta mempunyai kepedulian tinggi terhadap masalah pendidikan biologi
- Berwawasan dan berpengetahuan luas bidang biologi dan pembelajarannya yang mernungkinkan dapat melakukan komunikasi ilmiah dan bersikap ilmiah dalam mengembangkan ilmu biologi dan pembelajarannya
Kompetensi lain
Mampu menyelenggarakan
penelitian dan menganalisis hasil penelitian bidang biologi dan bidang
pembelajaran biologi
KONDISI SUMBERDAYA DAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRODI PEND. BIOLOGI
Sarana
dan Prasarana
Program Studii Pendidikan Biologi
menyediakan ruang kuliah yang nyaman, laboratorium Biologi, Sublab Zoologi,
Sublab Botani, Laboratorium Sumber Belajar Biologi, Perpustakaan, Laboratorium
Lapangan, Kebun Percobaan, arena diskusi mahasiswa, Internet, green house dan
musholla.Kuliah dilengkapi fasilitas laboratorium biologi, dengan sub
laboratorium botani dan sub laboratorium zoologi dengan tingkat frekwensi
pemakaian yang sangat padat karena tidak hanya melayani kegiatan praktikum
seluruh matakuliah, tetapi juga berbagai kegiatan penelitian mahasiswa, dosen
dan Iayanan dari pihak Iuar prodi
Pendidikan Biologi baik dari internal UNEJ maupun dari luar UNEJ.
Prasarana tersebut didukung dengan sarana
pembelajaran multimedia
dan E-learning serta
jaringan Internet yang dapat diakses sewaktu-waktu.
Laboratorium Sumber Belajar Biologi (LSBB) juga menyediakan CD pembelajaran
mutakhir yang menunjang perkuliahan dan koleksi buku-buku text berbahasa
Inggris keluaran terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara cuma-cuma.
Pembelajaran di kelas sebagian besar sudah menggunakan LCD.
Kualifikasi Staf Pengajar
Tenaga pengajar di program studii
pendidikan Biologi memiliki kualifikasi cukup baik dengan dosen berkualifikasi
Doktor dari Universitas dalam dan Iuar negeri (25,0%), magister (37,5%), dan
sarjana (37,5%)Kualifikasi dosen terus menunjukkan perkembangan yang sangat
positip yang ditandai sebagian dosen sedang melanjutan studii, yaitu sebanyak 2
orang sedang menempuh program doktor, 2 orang sedang menempuh program magister.
Prodi pendidikan biologi mendorong setiap dosen untuk meningkatkan kualifikasi
pendidikannya hingga jenjang tertinggi sehingga diharapkan memberikan
kontribusi yang signifikan terhadap kualitas akademik internal.
Dosen pendidikan biologi memiliki
produktivitas penelitian yang cukup baik, yang ditunjukkan oleh aktifnya dosen
dalam penelitian biologi dan kependidikan baik dalam
penelitian kompetitif, penelitian kerjasama dengan pemerintah daerah dan
intansi terkait maupun penelifian mandiri. Penelitian dosen kompetitif yang
telah dilakukan dosen prodi pendidikan biologi meliputi
penelitian dasar (litdas), Riset dan
Teknologi (Ristek), penelitian kependidikan baik classroom action research (CAR) maupun research for
improving instructional (RII)
yangdigulirkan oleh dirjen dikti. Beberapa Staf prodi pendidikan biologi juga aktif terlibat dalam penelitian
pengembangan kependidikan di beberapa kabupaten, baik Jember, Situbondo,
Banyuwangi dan Pasuruan.
Pembelajaran Bilingual dan Hasilnya
Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan
menggunakan pembelajaran bilingual pada sebagian besar
matakuliah. Pembelajaran bilingual dilaksanakan secara proporsi
gradual, yaitu pada semester awal diberikan dengan porsi yang sedikit
(hingga 25%) dengan tujuan agar mahasiswa dapat menyesuaikan diri. Secara berangsur pada semester berikutnya proporsi
pembelajaran berbahasa Inggris ditingkatkan. Dosen diberikan kewenangan untuk
mengembangkan pembelajaran bilingual.Pembelajaran bilingual di prodi pendidikan
biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20
colon guru (40%) yang mampu mengajar dengan duo bahasa
(Inggris dan Indonesia) yang diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di
Sekolah Bertaraf Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar